Tampilan Desain Motor Tiga Roda Unik Dan Segaris

Tampilan-Desain-Motor-Tiga-Roda-Unik-Dan-Segaris

beranitampilbeda – Sepeda motor menghadirkan beragam pilihan. Salah satunya semakin marak sepeda motor dengan roda lebih dari dua, yakni tiga. Sepeda motor ini sekaligus menawarkan beragam teknologi canggih di dalamnya. Soal sepeda motor roda tiga, umumnya dibuat dalam set-up dua di depan atau dua di belakang. Namun yang paling banyak hadir adalah dua roda di depan dan satu di belakang seperti yang populer pada Piaggio MP3 atau Yamaha Tricity atau yang beraliran sport Yamaha Niken.

Hanya saja, sebuah desain yang sama sekali berbeda untuk sebuah sepeda motor roda tiga dan benar-benar baru tampaknya akan segera hadir. Tak biasa dan unik. Sepeda motor roda tiga kali ini tak membawa set-up roda seperti kebanyakan, namun memilih tampil beda dengan penempatan roda yang sejajar, inline atau segaris.

Sebagaimana  firma desain di Italia mencoba melakukan hal lain dengan membuat motor roda tiga yang ketiga rodanya dibuat sejajar. Sekilas, bentuk sepeda motor tersebut mirip dengan sepatur roda atau roller blade yang pernah populer di era 1990-an.

Adalah Marabese Design yang berbasis di Italia yang membuat sepeda motor roda tiga inline yang dinamakan Blade Bike. Tidak seperti kebanyakan sepeda motor roda tiga, desain Blade Bike ketiga rodanya dalam satu baris.

Didirikan pada 1984 oleh desainer kelas dunia Luciano Marabese, perusahaan milik keluarga ini telah bekerja dengan merek-merek sepeda motor kenamaan. Tercatat, merek seperti Moto Guzzi, Triumph, Yamaha, dan Aprilia pernah melibatkan Marabese Design untuk proses pembuatan sepeda motor mereka.

Sekarang, putra Luciano, Ricardo dan Roberto Marabese sedang mengembangkan sepeda motor roda tiga inline untuk melayani negara-negara Asia khususnya Tiongkok dan Vietnam. Seperti bisa dilihat pada gambar di atas, dimasukkannya roda ketiga dengan set-up inline membuat sepeda motor tersebut tampak lebih panjang.

Baca Juga :5 Rekomendasi Gaya Style Pakaian Anak Pintar

Sepeda motor roda tiga konvensional dengan dua roda di depan atau dua roda di belakang dikatakan kurang layak di beberapa pasar seperti Tiongkok dan Vietnam. Hal itu karena tingkat lalu lintas yang tinggi. Dengan profil sempit dari desain Marabese memungkinkan sepeda motor roda tiga mudah untuk menyelip di antara mobil sambil diuntungkan dari peningkatan kapasitas muatan.

Roda ketiga dari Blade Bike tidak hanya memungkinkan 2-3 penumpang, tetapi juga memusatkan bobot dan meningkatkan stabilitas sepeda motor.

“Prototipe itu memiliki roda 10 inci dan sekarang kami juga telah mencoba 12 roda,” kata Ricardo Marabese. “Saya dapat mengatakan bahwa di kota, kendaraan kami itu adalah mainan, dan ketika dilipat, dengan sudut kemudi yang berbeda, roda menciptakan semacam jalan yang membuatnya sangat stabil,” lanjutnya.

Sekilas desain motor tersebut terlihat canggih, atau justru aneh bagi sebagian orang. Namun jangan salah, dulu rumah desain yang sama juga pernah membuat Piaggio MP3 pada 2006 silam. Yang lain, ada juga Yamaha Tesseract, roda empat yang juga dirancang oleh ayah mereka, Luciano Marabese.

Tim terus melakukan perubahan tambahan pada Blade Bike berdasarkan tes. Meski konsep ini belum bergerak ke produksi, patut dinanti kapan sepeda motor model baru tersebut bakal mengaspal di jalan.