Tips Fashion Item Yang Tepat Saat Naik Gunung

Tips Fashion Item Yang Tepat Saat Naik Gunung

Beranitampilbeda.web.id –¬†Menikmati pemandangan dari atas pegunungan memang terasa sangat menyenangkan dan menantang adrenalin, ya. Pasalnya, hiking ke gunung bukan sekadar perjalanan biasa, butuh tekad kuat dan konsistensi untuk menaklukkannya. Ada berbagai macam persiapan untuk menjadikan perjalananmu menyenangkan.

Tak hanya mencari informasi seputar medan yang akan dilalui, kamu juga harus menyiapkan perlengkapan naik gunung dengan matang, lho. Salah satunya, fashion seperti apa sih yang ideal untuk digunakan di jalur pendakian? Berikut tips fashion item untuk naik gunung yang tepat :

1. Pilih busana yang dapat menyerap keringat serta memiliki sirkulasi udara yang baik
Saat mendaki gunung, tubuh akan memproduksi keringat lebih banyak. Makanya, sebaiknya kamu memilih busana berbahan polyester yang memiliki tekstur tipis, ringan, dan mudah kering. Gunakanlah dua atau tiga lapis pakaian, sesuaikan dengan suhu udara di gunung tersebut. Pastikan tubuhmu terlindungi dengan sempurna.

Hindari penggunaan bahan katun yang hanya bisa menyerap keringat, tapi tidak melindungi tubuh dari kelembapan. Bahan katun juga bisa memicu tubuh mengalami hipotermia. Suhu udara gunung yang dingin bertemu dengan baju yang basah dan lembap akan meningkatkan risiko hipotermia. Oleh sebab itu, bahan polyester, wol, atau sintesis dirasa paling cocok digunakan saat naik gunung.

2. Busana ringan namun tetap bisa menghangatkan
Memilih busana yang ringan namun tetap menghangatkan biasanya menjadi pilihan yang paling tepat ketika mendaki. Busana yang terbuat dari bulu angsa atau down menjadi busana yang paling disukai pendaki karena menghantarkan kehangatan di suhu dingin. Ada pula bahan thermoball yang tetap menghangatkan meski sudah basah terkena keringat. Kamu bisa mengombinasikan keduanya untuk membuat tubuh semakin nyaman karena keduanya sama-sama ringan sehingga tidak akan membuat sesak.

3. Lindungi tubuh dengan jaket anti angin
Tekanan suhu udara saat mendaki memang akan semakin tipis, terpaan angin yang sangat kencang mampu membuat tubuh merasa kedinginan. Oleh sebab itu, pilihlah jaket anti angin atau windproof waterproof yang memiliki teknologi terbaik. Kecanggihan windproof ini mampu membuat pendaki bertahan meski angin sedang tak bersahabat.

Baca Juga : Tips Tampil Kasual dan Kece Dengan Hoodie

4. Tak hanya hangat, busana mendaki juga harus fashionable
Sebagai perempuan masa kini, tentu kamu sudah menyiapkan busana mendaki yang terbaik. Tak hanya jeli melihat kebutuhan tubuh saat mendaki, kamu juga bisa memilih warna agar tampil stylist meski sedang mendaki. Pilihlah warna-warna cerah seperti merah, kuning, pink, biru, maupun hijau. Selain mudah terlihat selama perjalanan, busana berwarna cerah juga membuat hasil dokumentasi kamu saat mendaki terlihat lebih cheerfull.

5. Gunakan sepatu anti air atau Gore-Tex
Kamu harus memastikan bahwa sepatu yang digunakan sudah cukup ideal untuk melakukan pendakian. Pastikan sepatu mampu melewati jalan berliku, berbatu, dan tantangan lainnya. Pilihlah sepatu antiair dan model yang lebih tinggi hingga menutupi pergelangan kaki. Sepatu seperti ini bisa memberikan perlindungan pada kaki selama mendaki. Jangan lupa gunakan kaus kaki yang tepat, misalnya kaus kaki berbahan wol atau sintesis yang mampu menjaga sirkulasi udara pada kaki dengan baik.

Pastikan semua sesuai dengan kebutuhanmu saat mendaki ya, agar semuanya aman terkendali dan buat perjalanan mendaki kamu jadi pengalaman yang sangat seru.